Minggu, 10 April 2016

BERITA ACARA PELAKSANAAN KAMPANYE



BERITA ACARA PELAKSANAAN KAMPANYE

Selasa, 9 Desember 2014
          09.00 – 12.00 pada pasangan calon Presiden BEM Unsoed 1 (Ali - Afhan)
          Tepatnya,  di FIB dan FISIP.  Mereka memulai kampanye di  FIB pada pukul 10.30 wib, melebihi jadwal yang ditentukan untuk memulai sebuah kampanye yang sudah dijadwalkan pada pukul 09.00 wib. Kemudian tim sukses memasang pamflet perangkat pemira dan membagikan selebaran kecil kepada mahasiswa yang berada di FIB. Namun ada satu kejanggalan dalam selebaran kecil tersebut yakni tidak adanya cap tanda KPR tertera pada selebaran tersebut.  Serta membagikan permen disisipi kertas kecil yang isinya ajakan untuk ikut serta dalam PEMIRA dan memilih pasangan calon Presiden BEM Unsoed nomor urut 1. Mereka juga menyampaikan visi dan misi program kerja mereka kepada mahasiswa yang ada di sana.
            Kemudian dilanjutkan kampanye di FISIP pada pukul 10.30 wib  dan membagi spot area FISIP menjadi dua bagian dan berkumpul lagi di area kantin FISIP. Mereka melakukan orasi dan membagikan permen-permen yang diselipi sebuah kertas untuk berani terlibat dalam PEMIRA kali ini. kemudian mengakhiri kampanye mereka dengan berfoto ria bersama tepat pukul 12.00 wib.  
09.00 – 12.00 pada pasangan calon Presiden BEM Unsoed 2 (Hari - Danang)
Dimulai pukul 09.55 mereka memulai kampanye hari pertamanya dengan menuju FEB. Telat satu jam dari jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya. Tim sukses sejumlah 10 orang, mereka tidak memakai tanda pengenal timses dan beragumen bahwa tanda pengenal adalah KTP atau KTM. Kemudian mereka melakukan pendekatan terhadap mahasiswa yang sedang duduk di dekat lapangan basket dan menjelaskan tentang visi misi mereka.
Strategi yang mereka usung memang berbeda dengan biasanya yaitu menjelaskan langsung dengan duduk bersama dengan para mahasiswa. Dibagi menjadi dua bagian, capres dengan timses dan cawapres dengan timses lainnya pada spot yang berbeda. Mereka menyebar ke titik di lingkungan FEB. Ada tiga titik yang diberikan pihak FEB yaitu lapangan  basket, lapangan putih, dan depan gedung c. Setelah menjelaskan kepada mahasiswa yang berada di samping lapangan basket timses pergi menuju tempat parkir yang di sana terdapat mahasiswa yang sedang bersantai.
Mereka pun seperti biasa menjelaskan terkait visi misi dan melakukan pendekatan dengan meminta aspirasi dan uneg-uneg terhadap bem unsoed saat ini. Dengan membawa kotak yang bertuliskan “kotak aspirasi” mereka melanjutkan ke lingkungan FEB yang lainnya. Setelah berfoto dan meminta dukungan dari mahasiswa FEB  timses pasangan no urut 2 pun menyelesaikan kampanye mereka pada pukul 11.11 WIB.
13.00 – 16.00 pada pasangan calon Presiden BEM Unsoed 1 (Ali - Afhan)
Kali ini berbeda, mereka memulai kampanye mereka lebih awal pada 12.57 wib di FEB ruang B. Calon Presiden BEM Unsoed menjelaskan visi dan misi serta program kerja mereka. Kemudian tim sukses memasang pamflet perangkat pemira dan membagikan selebaran kecil kepada mahasiswa yang berada di FEB. Namun ada satu kejanggalan dalam selebaran kecil tersebut yakni tidak adanya cap tanda KPR tertera pada selebaran tersebut. Tim BAWASRA sudah mengingatkan namun mereka berkilah bahwa ketua KPR sudah memperbolehkan mereka untuk selebaran-selebaran kecil yang jumlahnya lumayan banyak untuk tidak di cap tanda KPR.
Mereka juga membagikan permen disisipi kertas kecil yang isinya ajakan untuk ikut serta dalam PEMIRA dan memilih pasangan calon Presiden BEM Unsoed nomor urut 1. Menyampaikan visi dan misi program kerja mereka kepada mahasiswa yang ada di ruang B kemudian Ruang A dan beristirahat di sekretariat UKM FEB untuk blusukan mensosialisasikan kepada mereka untuk memilih calon Presiden BEM Unsoed nomor urut 1 sampai pukul 13.30 wib dan dilanjutkan break di depan parkiran sampai pukul 14.30 wib menunggu masa FEB keluar dari perkuliahannya.
Dan ketika melihat masa sudah banyak yang keluar, mereka langsung mensosialisasikan diri mereka secara personal dan mempropaganda mereka untuk memilih nomor urut satu, sampai kembali lagi pada ruang B dan selesai pada pukul 15.00 wib sebelum waktu berakhir kampanye.
 13.00 – 16.00 pada pasangan calon Presiden BEM Unsoed 2 (Hari - Danang)
Dimulai pukul 13.20 wib calon Presiden BEM Unsoed nomor urut 2 melakukan kampanye di FIB. Namun cara yang digunakan oleh calon Presiden BEM Unsoed nomor urut 2 ini aneh, ia justru menyembunyikan identitasnya sebagai calon Presiden yang meminta dukungan kepada mahasiswa FIB untuk memilih mereka. Mereka melakukan pendekatan secara personal dan membawa sebuah kotak yang mereka gunakan untuk menampung aspirasi dari mahasiswa FIB. Kemudian mendengarkan seluruh keluhan yang dikeluhkan oleh mahasiswa di FIB.
Kemudian pada pukul 14.30 wib dilanjutkan menuju ke FISIP dengan menggunakan sepeda untuk transportasi menuju kampus tersebut. Mereka melakukan pendekatan secara personal dan membawa sebuah kotak yang mereka gunakan untuk menampung aspirasi dari mahasiswa FISIP. Kemudian mendengarkan seluruh keluhan yang dikeluhkan oleh mahasiswa di FISIP. Dan mengakhiri kampanyenya pada pukul 16.00 wib.

Rabu, 10 Desember 2014
09.00 – 12.00 pada pasangan calon Presiden BEM Unsoed 1 (Ali - Afhan)
Tepat pukul 08.58 wib calon Presiden BEM Unsoed nomor urut 1 memulai kampanye di FH gedung J1, melakukan orasi menjelaskan visi dan misi mereka. Dilanjutkan dengan meminta dukungan dengan melakukan pendekatan secara personal untuk memilih mereka. Kemudian calon Presiden BEM Unsoed nomor urut 1 langsung menuju ruang sekretariat mahasiswa untuk mensosialisasikan keikutsertaan mereka dalam PEMIRA kali ini.
Dan beristirahat selama satu jam di kantin FH dengan memberikan keleluasaan kepada BAWASRA untuk makan terlebih dahulu. Setelah itu melanjutkan berorasi ketika masa mulai merapat ke pinggiran lapangan. Namun sebelum orasi pasangan calon Presiden BEM Unsoed meminta untuk berfoto bersama dengan BAWASRA dan KPR yang berada di sana. Karena sadar kamera sehingga kami berfoto dengan gaya tiga jari sebagai bentuk kenetralan pada saat jalannya kampanye. Kemudian berakhir pada pukul 11.20 wib.
09.00 – 12.00 pada pasangan calon Presiden BEM Unsoed 2 (Hari - Danang)
Diawali dengan datangnya calon Presiden BEM Unsoed pada pukul 09.24 wib di FPIK dan disusul datangnya calon wakil Presiden BEM Unsoed nomor urut 2 pada pukul 09.43 wib mereka memulai kampanye mereka. Bersama delapan timses mereka melakukan kampanye yang sama dengan membawa kotak aspirasi biru yang berguna untuk menampung aspirasi mahasiswa sekitar FPIK serta melakukan pendekatan-pendekatan secara personal untuk mengetahui lebih lanjut keluhan yang dirasakan oleh mahasiswa.
Setelah dirasa puas melakukan pendekatan tersebut, tepat pukul 10.50 mereka beralih kampanye menuju ke FAPET. Selama masa kampanye mereka tidak mengenakan identitas pengenal sebagai timses dan berasumsi bahwa tanda pengenal tersebut adalah KTM dan KTP. Di FAPET mereka melakukan hal yang sama dengan kampanye yang ada di FPIK. Dan mengakiri masa kampanye mereka pada pukul 12.06 wib.
13.00 – 16.00 pada pasangan calon Presiden BEM Unsoed 1 (Ali - Afhan)
Timses dan capres mulai datang di FAPET tepat pukul 12.50 wib, dan memulai kampanye calon Presiden BEM Unsoed nomor urut 1 pada pukul 13.08 wib. Di FAPET memulai orasi di tengah gedung. Kemudian mengunjungi sekretariat BEM dan mahasiswa-mahasiswa yang ada disana sampai pukul 15.00 wib. Kondisi disana relatif aman dan minim akan pelanggaran.
Dilanjutkan menuju parkiran FPIK dan langsung berorasi di parkiran tersebut, kemudian pendekatan secara personal dan meminta dukungan kepada mahasiswa-mahasiswa FPIK yang ada disana serta membagi-bagikan leaftlet untuk berani terlibat. Dan kampanye tersebut berakhir pada pukul 15.35 wib.
13.00 – 16.00 pada pasangan calon Presiden BEM Unsoed  2 (Hari - Danang)
Dimulai pukul 13.30 wib calon Presiden BEM Unsoed nomor urut 2 di FH. Setelah tiba di FH pasangan nomor urut dua memulai kampanyenya. Strategi kampanye yang unik. Mereka tidak menyebutkan bahwa mereka adalah pasang nomer urut dua yang sedang berkampanye. Mereka hanya berbincang-bincang mengenai aspirasi mahasiswa terkait dengan BEM Unsoed, fasilitas yang ada di Unsoed, dan lain sebaginya.
Setelah beberapa menit mendengarkan aspirasi beberapa mahasiswa hukum, mereka berjalan kembali dengan membawa kotak biru penampung aspirasi mahasiswa ke area belakang kampus hukum. Di parkiran, sang capres malah berbincang ria dengan mahasiswa yang ada di FH namun bukan untuk kampanye. Sampai menunggu beberapa, akhirnya cawapres mengkondisikan kembali capres untuk berkampanye kembali. Dan mengakhiri kampanye mereka pada pukul 15.30 wib.
      
Kamis, 11 Desember 2014
09.00 – 12.00 pada pasangan calon Presiden BEM Unsoed 1 (Ali - Afhan)
Dimulai pukul 09.20 wib, pasangan calon Presiden BEM Unsoed nomor urut 1 melakukan kampanye KG dengan melakukan pendekatan secara personal. Kemudian melakukan orasi di KESMAS  dan pendekatan-pendekatan kembali. Selanjutnya menuju ILMU GIZI dengan mengadakan  talkshow dadakan terhadap masyarakat ILMU GIZI. Setelah itu menuju PJKR dengan melakukan cara yang sama yang digunakan di ILMU GIZI. Terakhir pada FIKES menuju ke KEPERAWATAN dengan cara yang sama yaitu talkshow aspirasi.
Setelah dari FIKES menuju ke FABIO  langsung melakukan pendekatan kepada mahasiswa FABIO. Kemudian orasi di depan kantin FABIO dan melakukan pendekatan secara personal kembali ke mahasiswa FABIO dan berakhir pada pukul 12.00 wib. 
09.00 – 12.00 pada pasangan calon Presiden BEM Unsoed 2 (Hari - Danang)
Ditunggu kedatangan calon Presiden BEM Unsoed nomor urut 2 sejak pukul 09.00 di FK, namun baru terlihat sosok beliau pada pukul 11.00 wib beserta 8 timsesnya yang masih mempertahankan argumen mereka bahwa tanda pengenal timses adalah KTM dan KTP. Mereka juga membagi-bagikan bunga kepada para mahasiswa yang berada di lingkungan kampus FK. Dengan kampanye yang sama namun sedikit menvariasikan dengan bagi-bagi bunga tersebut, mereka melakukan pendekatan-pendekatan secara personal dan menyalurkan aspirasi mahasiswa pada sekotak aspirasi yang berwarna biru. Dan kampanye calon Presiden BEM Unsoed nomor urut 2 di FK diakhiri pada pukul 11.55 wib.
13.00 – 16.00 pada pasangan calon Presiden BEM Unsoed 1 (Ali - Afhan)
Dimulai pukul 13.45 calon Presiden BEM Unsoed nomor urut 1 menunggu masa yang sedang menimba ilmu di FK, tepatnya di Gedung C. Kemudian menyebarkan brosur dan beraorasi di depan mahasiswa FK. Namun ada yang lucu dengan pembagian brosur yang dibagikan mereka, karena pada saat yang berasamaan terdapat SPG yang juga sedang membagikan brosur dagangan mereka. Dan timses capres nomor urut 1 terlihat kalah saing dengan SPG tersebut. SPG tersebut membagikannya sangat ekspresif dan timses hanya membagikan brosur tersebut biasa saja. Setelah dirasa puas berorasi mereka memasang banner kampanyenya. Dan mengakhiri kampanye mereka kurang lebih kurang dari 16.00 wib. 
13.00 – 16.00 pada pasangan calon Presiden BEM Unsoed 2 (Hari - Danang)
Dikarenakan miss-comunication timses dari calon Presiden BEM Unsoed nomor urut 2 yang memberikan keterangan kepada BAWASRA untuk membagi kampanye bebarengan mereka di dua tempat yang berbeda. Rencananya CAPRES berkampanye di FABIO dan CAWAPRES berkampanye di FIKES dan KG, serta menginformasikan memulai kampanye di KESMAS pada CAWAPRES yang berada di FIKES. Karena mendapat informasi tersebut, pihak BAWASRA langsung membagi spot penjaga pada dua kampus yang berbeda tersebut.
Dan BAWASRA yang berada di FIKES menunggu di KESMAS. Namun sampai setengah jam ditunggu calon tersebut belum juga datang. Dan ternyata mereka sudah memulai kampanye mereka di FARMASI dan lupa memberitahukan kepada BAWASRA. Setelah BAWASRA mengkonfirmasikan keberadaan mereka sedang ada di FARMASI. Segera BAWASRA langsung menuju FARMASI dan mendapati mereka sudah selesai berkampanye. Setelah bertanya kepada mahasiswa yang ada disana, mereka menyaksikan kampanye mereka sejak setengah jam yang lalu, tepatnya pukul 13.00 wib.
Dilanjutkan menuju KESMAS. Namun masa belum banyak yang hadir, dan mereka memutuskan bersatu di FABIO. Dan di FABIO pun mereka melakukan kampanye yang sama dengan kampanye-kampanye hari sebelumnya. Dengan pendekatan individu untuk menanyakan aspirasi mahasiswa FABIO dan mendengarkannya.
Sekitar pukul tiga mereka kembali lagi menuju KESMAS untuk menyempurnakan target kampanye mereka. Calon Presiden BEM Unsoed nomor urut 2 menyisir semua tempat yang ada di lingkungan kampus tersebut. Dan dengan pendekatan secara personal itu mereka menampungkan aspirasi mahasiswa pada sekotak biru yang mereka namai dengan kotak aspirasi. Setengah jam berada di kantin. Sampai terdengar adzan, mereka sholat dan dilanjutkan berkampanye lagi di FABIO. Di FABIO kurang lebih setengah jam melakukan cara berkampanye yang sama dan mengakhiri kampanye pada pukul 15.48 wib. 
19.00 – 21.00 pada pasangan calon Presiden BEM Unsoed 1 (Ali - Afhan)
Tepat pukul 19.00 mereka memulai berorasi di depan mahasiswa yang berada di PKM Unsoed. Mereka menjelaskan visi dan misi mereka serta memaparkan program kerja yang akan mereka lakukan untuk BEM Unsoed tahun selanjutnya. Mereka juga menjelaskan akan merangkul seluruh aspek yang dapat bersama-sama melangkah menuju keberhasilan BEM Unsoed. Selain itu, sesi tanya jawab pun dibuka bagi mahasiswa yang ingin lebih memantapkan pilihan mereka. Ada dua penanya dan dijawab dengan akal logis yang mendapat tepuk tangan dari mahasiswa sekitar PKM Unsoed. Dan diakhiri dengan pembacaan sebuah syair oleh relawan yang mendukung calon Presiden BEM nomor urut 1 tepat pukul 21.00 wib.

Jum’at, 12 Desember 2014
09.00 – 12.00 pada pasangan calon Presiden BEM Unsoed 1 (Ali - Afhan)
Calon Presiden BEM Unsoed nomor urut 1 beserta timses nya datang ke FMIPA pada pukul 09.00 wib. Kemudian mengelilingi FMIPA sampai lantai atas dan bawah terjamah semua oleh pasangan nomor urut 1 ini. kemudian mereka meneruskan kampanye mereka di FAPERTA. Berorasi di kantin FAPERTA. Kemudian mengelilingi gedung B dan Gedung C dan berakhir di sekretariat yang pada saat itu terlihat sepi oleh mahasiswa pada pukul 11.30 wib.
09.00 – 12.00 pada pasangan calon Presiden BEM Unsoed 2 (Hari - Danang)
Dimulai pukul 10.17 WIB calon presiden BEM Unsoed nomor urut 2 memulai menjelaskan visi misi mereka kepada beberapa mahasiswa teknik. Dengan berbekal kotak aspirasi dan kotak peduli banjir dan longsor Banjarnegara kepada mahasiswa yang ada di sekitar FT. Kemudian melakukan pendekatan secara personal dengan mahasiswa disana. Capres dan cawapres membelah menjadi dua untuk mengumpulkan aspirasi-aspirasi yang ada. Kemudian tepat pukul 11.25 ditutup oleh waktu sholat jum’at dan berakhirlah kampanye mereka.
Namun, setelah sholat jum’at mereka membuat sebuah sarasehan di pendopo komplek FT dengan meminta izin kepada BAWASRA untuk berbincang-bincang dengan mahasiswa FT di luar kampanye. Tetapi, mereka malah menyisipkan pembicaraan yang berbau dengan kampanye.
13.00 – 16.00 pada pasangan calon Presiden BEM Unsoed 1 (Ali - Afhan)
Tepat pukul 14.05 pasangan calon Presiden BEM Unsoed nomor urut 1 beserta timsesnya tiba di FT. Setelah menunggu jam pertukaran kelas dan masa telah banyak yang mengumpul, mereka memulai orasi di pendopo komplek FT. Kemudian sekitar pukul 15.00 mereka membuat sebuah talkshow dengan mendatangkan para mahasiswa sekitar FT. Talkshow tersebut berisi tentang pemaparan visi dan misi serta program kerja mereka. dilanjutkan tanya jawab antar capres dan mahasiswa sampai berakhir kampanye mereka pada pukul 16.27 wib.

13.00 – 16.00 pada pasangan calon Presiden BEM Unsoed 2 (Hari - Danang)
Lagi-lagi kurangnya komunikasi, tepat pukul 13.00 BAWASRA sudah standby diantara dua fakultas FMIPA dan FAPERTA, tepatnya berada di pinggiran pintu masuk kedua fakultas tersebut. Namun setelah ditunggu selama setengah jam, calon Presiden BEM Unsoed nomor urut 2 ini tak kunjung muncul. Padahal sudah dikonfirmasikan keberadaan calon tersebut. Sehingga BAWASRA memutuskan untuk mencari makan terlebih dahulu di kantin FAPERTA. Dan ketika BAWASRA menuju parkiran, ternyata calon kedua beserta timsesnya terlihat sedang duduk bersantai ria di sekitar FAPERTA. Akhirnya BAWASRA mengurungkan niatnya untuk mengisi perut dan beralih mengikuti calon Presiden BEM Unsoed nomor urut 2.
Mereka menyisir kantin dan ikut berbincang bersama mahasiswa lainnya untuk mendengarkan aspirasi dari mereka. setelah kurang lebih setengah jam mereka beralih menuju sekretariat UKM FAPERTA. Capres bertemu cawapres di sana dan terbelahlah kedua rombongan tersebut menjadi dua rombongan. Capres bersama beberapa timsesnya menuju FMIPA dan cawapres masih tetap di UKM tersebut. Selang beberapa menit kemudian, cawapres beranjak dari kesantaiannya dan menyisir UKM FAPERTA sampai menuju ke depan gedung yang sedang diadakan seminar. Lama cawapres didepan pintu masuk gedung seminar tersebut. Sedangkan timses yang lain sibuk menempel pamflet akan calon Presiden BEM Unsoed nomor urut 2.
Setelah lima belas menit, cawapres menuju ke FAPERTA yang berada di seberang pintu masuk fakultas. Ia menerobos lewat pintu kecil untuk menuju kampus tersebut. Setelah lama sekali tak juga terlihat batang hidung cawapres tersebut, akhirnya BAWASRA memutuskan untuk bergabung bersama yang lain di FMIPA. Di FMIPA terlihat capres sedang semangat-semangatnya menjelaskan visi dan misi mereka kepada mahasiswa secara personal. Sampai pukul 15.00 mereka menyisir kembali mahasiswa sampai kembali lagi ke parkiran tempat dimulainya kampanye dan sebagai tempat berakhirnya kampanye pada pukul 15.23 wib.
19.00 – 21.00 pada pasangan calon Presiden BEM Unsoed 2 (Hari - Danang)
          Sebelum memulai kampanyenya di PKM Unsoed, calon Presiden BEM Unsoed nomor urut 2 menyerahkan kertas pengaduan pelanggaran kepada BAWASRA kemudian kembali ke area mahasiswa dan memulai kampanye pada pukul 19.00 wib. Calon  Presiden BEM Unsoed nomor urut 2 menjelaskan tentang visi dan misi mereka untuk menyakinkan mahasiswa yang ada di sekitar PKM Unsoed. Mereka memaparkan tentang ilmu-ilmu perairan dan segala yang berhubungan alam untuk diterapkan di wilayah sekitar. Kemudian mereka merlakukan tanya jawab dengan beberapa mahasiswa yang ada dan mengakhiri kampanye mereka tepat pukul 21.00 wib.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar