Minggu, 10 April 2016

Luvi married ..!



Luvi married ..!

            “Sya, Luvi kabarnya mau married.” desusnya memperlambat langkahku. Aku tak masalah Luvi married, toh umurnya juga udah mencukupi.
            “Kabarnya lagi, dia married ama temen kita yang seperumahan sama dia.” lanjutnya lagi, sebenarnya siapa si yang ngomong ini, rempong amat, oawalah, Nada .. dia kok jadi berubah gini si, sepertinya di SMANRA ga gosiper banget, kenapa masuk kampus jadi gini ya? Owaduh ..
            “Eh, nad, maksud kamu Aifan? Bukannya Aifan dulu deketnya sama Lilu ya, kenapa married nya sama Luvi?” kepoku. Oh my god, gimana kabar Lilu ..
            “Ih, kamu ga tau, Lilu udah terbang ke madinah .. dia keterima di Universitas Islam Madinah .. kuliah di madinah. Mungkin Aifan ga mau LDR, lirik sekitar ada Luvi yang cantik, tertarik mungkin dia, atau gimana, aku ga tau. Tapi, denger-denger kamu juga pernah ya, suka sama Aifan?” godanya, tak meronakanku sedikit pun. Aku sudah anggap semua sahabat. Dan hatiku masih kosong. Tak terisi Aifan, juga siapa pun, masih kosong.
***
            “Inna banget ya .. dicintai karena kasihan.” curhat Ika, setelah mendengar kabar married nya Luvi dan Aifan.
            “Lho, emang gimana ceritanya?” kepoku.
            Jadi, gini lho .. Udah lama banget Luvi seperti pejuang hidup yang mempertaruhkan hidupnya hanya untuk bekerja. Kalian tau sendiri kan, Luvi tidak lulus dari SMANRA. Dan sekarang, ga ada yang bisa Luvi lakukan lagi, kecuali kerja.
            Nah, Aifan yang sering lihat, Luvi menor .. pakai baju yang lumayan nyolok, jadi penasaran, sebenarnya, si Luvi ini, kerja apa si?
            Ternyata eeh ternyata, Luvi kerja di toko, jadi pelayan. Dan tiap kali dia mau kerja, dia ganti baju nyolok nya sama seragam toko. Nah, kalian tau sendiri, biar semua orang tau dia sukses di luar.
            Aifan buntutin dia sampai toko yang di tuju. Luvi ngelap-ngelap kaca, terus layanin pembeli, sampai kadang ada pembeli yang suka sama Luvi and goda-godain dia.
            Ga enak hati kan dia, masa temen sendiri digituin sama orang. Terus pembeli itu tanya, “Emang kamu siapanya dia?” eeeh, dijawab sama Aifan, “Aku calon suami Luvi.” Nah, usut punya usut si Luvinya mendesak Aifan untuk membuktikan pernyataan dia. Secara Lilu juga jauh di Madinah, yang namanya cowok udah berumur ya .. pasti penginnya nikah. Cewek juga, hahaha.
            Aifan lamar Luvi ..
            “Lho .. emang si dari kasian, tapi kalau emang bener mereka jodoh mau gimana lagi .. ikut seneng lah, sama temen bahagia. Terus-terus Luli nya udah tau?” kepoku semakin mengerucut.
            “Kagak mungkin.” pecahnya.
            “Hah, seriusan ,, harusnya kasih tau tu .. kasian kalau Lilu pulang dan tau kalau Aifan udah nikah, kamu tau sendiri kan rasanya kaya gimana ..”
            “Kagak lah, orang aku belum pernah digituin.”
            “Ya, tapi kan, sama-sama cewek. Harusnya bisa lah merasakan, haha.”


Kagak cuman kuliah, kita juga ..

            Sekre DLM tak ada orang, dilihatnya sekitar juga nampak sepi. Aku ditemani sama Rose dan Ridwan, mondar-mandir di sekitar PKM – pusat kegiatan mahasiswa.
            “Kagak ada kali, sya .. kamu mau ndaftar apaan si?” ceta’ Ridwan sambil duduk mendekat di depan sekre KSR, UKM nya si Ridwan.
            “Akh, aku kan udah janji sama mba Tari, bakal interview jadi bawasra – badan pengawas pemilu rayanya capres Unsoed, akh, kamu .. kagak dukung.”
            “Lah .. lah .. kita temenin kamu disini si apa, maunya dukung gimana lagi si? Apa kayak gini, Ilsya-Ilsya .. semangat ya!” tambahnya sambil joged-joged semangat. Aku rada cengo’ sama si cowo kacamata satu ini. Ya si, baik sama semua orang, terkhusus cewek, tapi, ya pernyataannya ke Isti yang bikin aku keki deket sama dia .. gini, “Terserah aku ya .. mau deket sama siapa aja, deket itu ga harus suka kan, dan suka itu terserah aku. Dan mereka yang deket dan ngerasain rasa, ya salah mereka sendiri, bukan salah aku dong.” katanya saat dia lagi deketnya sama Isti.
            Tapi cewek ya, dideketin intens ya, tambah suka. Apalagi diajak pulang bareng. Makan bareng. Belajar bareng. Tapi, cukup tau, dia cuma bisa dijadiin sahabat, ga lebih.
            “Sya, persyaratan bawasra apa aja si?” alih Rose biar ga lebar kemana-kamana, bagus.
            “Ini CV sama karangan essai tentang berbenah untuk Unsoed. Terus wawancara, dan kalau dapet sms suruh kumpul di Gedung keperawatan berarti dia lolos pemira. Ayo, Rose, ikutan. Temenin aku.” jelasku.
            Hanya respon diam, and on lucu-lucuan ga bahas DLM yang kosong melompong tak bertuan.
***
            Next, agenda ..
            “Eh, aku liat ada yang menarik ni di PKM kemarin .. jadi tu, ada lowongan kerja buat jadi tour leader di Goen Tour, caranya juga gampang dan syaratnya juga mudah.”
            “Gimana-gimana?” antusias Dede, Utari dan Ade. Kebetulan kita berempat lagi ngabisin waktu biar habis. Haha, dan balik lagi ke kampus abis dhuhur, duile, kuliah pagi jam 7, kudu nunggu kelas lagi abis dhuhur.
            “Gini .. sms aja ke nomor ini, ketik nama_jenis kelamin_umur_instansi udah gitu doang, dicarinya mahasiswa yang suka jalan-jalan ga ngeluarin duit tapi malah dibayar plus dikasih oleh-oleh. Nah lho, mau pada nyobain kagak?” sambil memberikan nomor biro tersebut.
            “Iya, sya .. aku udah kirim, ni ada balesan. Kita disuruh dateng aja ke kantor Goen Tour, di jalan sukun, bawa KTP, CV, sama pas foto. Sekarang diurus yuk ..” respon positif Dede, menggebukan semangatku yang mungkin tak pernah kerja sama sekali.
            Ketika kita berempat nyiapin semua persyaratan di fotocopy-an deket kampus. Ridwan dateng kepoin kita lagi ngapain.
            “Kita mau lamar kerja.”
            “Eeeh, buset! Perkasa ya kalian, kerja dimana? Jadi apaan?” keponya lagi.
            “Ini kaya pemandu wisata, di Goen Tour.” jawab Dede tak ingin lama-lama bermain dengan kekepoan Ridwan.
            “Kamu mau ikutan?” tanyaku. Menimbulkan gurat adrenalin mau kerja yang emang pengen kerja. Tapi, “Tapi aku kagak punya kendaraan. Kamu sama Ade, Dede sama Utari. Aku sama sapa?”
            “Eelah .. cari temen lah, tebengan-tebengan.” solusi Utari, and kebetulan banget si Ridwan liat Emseh nongol di tengah jalan. Emseh yang ga tau apa pun dicegahnya dan diparkirkan di depan fotocopy-an, tempat nongkrong kita.
            “Apaan ni .. ?” belanya.
            “Udah ikut aja lah, kita mau lamar kerjaan ni, jadi pemandu wisata, dimana tadi, de?”
            “GOEN Tour!”  
***
            Bingung .. baru kali ini bawasra cuma empat orang yang aktif. Dan agenda yang terus berjalan juga nampak begitu melelahkan. Rapat-rapat dan rapat. Aku si biasa aja, ga begitu aktif sama rapatnya, coz, aku lebih suka aksi daripada bertele-tele pada undang-undang.
            Awal pertemuan di gedung Keperawatan, bawasra yang datang hanya delapan orang, dan sekarang yang bertahan hanya empat, hanya Wildan, Aas, Kak Iyan, dan tentunya aku, oh tidak.
            “Mbak Tari, kayanya kita harus masukin orang lagi ke bawasra. Coz, ga mungkin berempat ini yang ngawasin capres-capres yang ada. Kita belum tahu kan, ada berapa capres yang nyalon. Kalau tiga nyalon, haha, lucu DLM cuma punya empat bawasra. Lucu, mba!” curcolku.
            “Oke, kalau ada yang menurut kamu sama temen-temen bawasra sanggup buat jadi pengawas, rekrut aja.” ijinnya. Membayangkan satu nama, Annisa. Rupanya Wildan juga membayangkan satu nama di benaknya, Irshan.
***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar